Pengertian Motivasi Kerja Menurut Beberapa Para Ahli


Istilah motivasi berasal dari bahasa latin yaitu 'movere' yang artinya 'menggerakan'(to more)

Gray (dalam Winardi, 2011) mendefiniskan motivasi sebagai hasil sejumlah proses yang bersifat internal atau eksternal bagi seorang individu, yang menyebabkan timbulnya sikap antusiasme dan persistence dalam hal melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu.

Stefan Ivanko (2012:70) mendefiniskan motivasi sebagai keinginan dan energi seseorang yang di arahkan untuk mencapai suatu tujuan.

Kondalkar (2007:99) mendefiniskan motivasi sebagai hasrat dalam yang membakat yang disebabkan oleh kebutuhan, keinginan, dan kemauan yang mendorong individu untuk menggunakan energi fisik dan mentalnya demi tercapainya tujuan-tujuan yang di inginkan.


Motive (need) ==> Tension ==> Wants ==> Tension ==> Behaviour ==> Relase of Tension ==> Goal Accomplishment / Satisfaction


Motivasi memiliki komponen, yaitu komponen dalam dan komponen luar. Komponen dalam adalah perubahan dalam diri seseorang, keadaan mereka tidak puas, ketegangan psikologis. Komponen luar adalah sesuatu yang di inginkan seseorang, tujuan yang menjadi arah tingkah lakunya. Komponen dalam adalah kebutuhan-kebutuhan yang ingin dipuaskan, sedangkan komponen luar adalah tujuan yang hendak dicapai.

Setiap perbuatan manusia senantiasa berkat adanya motivasi. Timbulnya motivasi dikarenakan seseorang merasakan kebutuhan tertentu dan karenanya perbuatan tersebut terarah pada pencapaian tujuan tertentu. Tingkah laku yang telah memberikan kepuasan terhadap suatu kebutuhan cenderung untuk diulangi kembali, sehingga menjadi lebih kuat dan lebih mantap.

Sumber: Arif yusuf hamali, S.S., M.M., (2018:130-135)

Daftar pustaka: Hamali, Arif Yusuf. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan kedua, Center for Academic Publhising Cervice, Yogyakarta, 2018.

0 Response to "Pengertian Motivasi Kerja Menurut Beberapa Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel