Pengertian Marketing Mix - Simak Selengkapnya..!


Secara umum, pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan labaa . Pemasaran mencakup kegiatan yang dapat berguna dalam menciptakan, mengembangkan, mendistribusikan, barang yang dihasilkan sesuai dengan permintaan calon pembeli berdasarkan kemampuan dalam menghasilkan suatu barang. 


Selain itu, bauran pemasaran (marketing mix) juga memiliki pengertian yaitu kumpulan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkannya di pasar sasaran. Bauran pemasaran terdiri dari semua hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan produknya. Berbagai kemungkinan ini dapat dikelompokkan menjadi empat variable yang disebut dengan“empat P” Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan (Promosi) Promotion.
  1. Product
  2. Price
  3. Place
  4. Promotion
Keputusan mengenai produk
- Merk, Tanda merk, Merk dagang, Hak Cipta

Keputusan mengenai kemasan
- Kemasan primer, kemasan sekunder, kemasan pengiriman

Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat harga:
- Perekonomian
- Penawaran dan permintaan
- Persaingan
- Daya beli masyarakat
- Pengawasan pemerintah

Beberapa metode penetapan harga: 
  1. Cost plus pricing
  2. Mark Up Pricing
  3. Penetapan Harga Break Even
  4. Penetapan Harga dalam hubungannya dengan pasar
Beberapa strategi penetapan harga:
  1. Penetapan harga psikologis
  2. Potongan pembelian
  3. Penetapan harga geografis
  4. Skiming price
Adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen.

Manfaat Perantara
  • Penghubung antara prodesen dan konsumen
  • Penyediaan alat dan jasa reparasi
  • Penyimpanan produk dalam gudang
  • Kegiatan promosi dan penyediaan informasi
  • Penyortiran, pembungkusan, dan pengepakan produk.
  • Produsen-konsumen
  • Produsen-pengecer-konsumen
  • Produsen-pedagang besar-penecer-konsumen
  • Produsen-agen-pedagang besar-pengecer-konsumen
  • Periklanan 
  • Personal Selling
  • Promosi penjualan
  • Publisitas
Peranan Promosi
  • Memberi informasi
  • Membujuk
  • Mengingatkan masyarakat akan produk, jasa, atau image perusahaan
Periklanan
Komunikasi non individu, dengan sejumlah biaya, melalui media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga, atau individu

Media Periklanan
  • Surat kabar
  • Majalah
  • Radio
  • Televisi
  • Pos
  • Website
  • Sosmed
  • Youtube
Keputusan tentang Media
  • Jangkauan
  • Frekuensi
  • Pengaruh
Personal Selling
  • Persiapan sebelum penjualan (prospecting)
  • Penentuan lokasi pembeli potensial
  • Pendekatan pendahuluan
  • Melakukan penjualan (presentation, handling objection, closing)
  • Pelayanan sesudah penjualan 
Promosi Penjualan
  • Peragaan
  • Pameran
  • Hadiah
  • Contoh barang, dsb
  • Event
Publisitas
Merupakan sarana promosi melalui media (bersifat berita)

0 Response to "Pengertian Marketing Mix - Simak Selengkapnya..!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel