PNS Kinerjanya Buruk Siap-Siap Dipecat - PP No 30 Tahun 2019 Sudah Diteken

Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo (Jokowi) rupanya sudah meneken PP No 30 Tahun 2019 tentang Penilian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam PP No 30 Tahun 2019 ini mengatur tentang penilaian kinerja PNS yang didasarkan pada sistem prestasi dan sistem karier.


  1. Perencanaan Kinerja
  2. Pelaksanaan Kinerja
  3. Pemantauan Kinerja
  4. Pembinaan Kinerja
  5. Penilaian Kinerja
  6. Tindak Lanjut Kinerja
  7. Sistem Informasi Kinerja PNS
Mengutip pasal 56 PP tersebut bahwa tertulis, pejabat administrasi dan pejabat fungsional yang tidak memenuhi target kinerja dapat dikenakan sanksi hingga pemberhentian. 

Misalnya pejabat terkait diberikan pekerjaan tertentu dan tidak dapat menyelesaikannya maka akan dikenakan sanksi. Pemberian sanksi berdasarkan ukuran apakah itu cukup kurang atau sangat kurang.

Pejabat tersebut nantinya akan diberikan waktu 6 bulan untuk memperbaiki kinerjanya sebagaimana tertulis pada pasal 57, penilaian kinerja didasrkan pada kondisi normal dan tidak ada kondisi force majeur.

Hal serupa juga berlaku pada pejabat Administrasi dan pejabat Fungsional. Namun, jika tidak tersedia jabatan lain sesuai dengan kompetensi yang dimiliki atau jabatan lebih rendah maka ditempatkan pada jabatan tertentu paling lama satu tahun.

Jika dalam waktu tersebut tidak ada lowongan jabatan sesaui dengan kompetensinya maka pejabat administrasi atau pejabat fungsional diberhentikan dengan hormat.

0 Response to "PNS Kinerjanya Buruk Siap-Siap Dipecat - PP No 30 Tahun 2019 Sudah Diteken"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel