Pengertian Sikap


Sikap adalah tendensi untuk memberi respon secara positif atau negatif terhadap ide-ide, objek, orang, atau situasi tertentu. Sikap mempengaruhi pilihan seorang individu terhadap aksi, dan respon terhadap tantangan, insentif, dan penghargaan. 

Empat komponen utama dari sikap adalah :
(1) Afektif: emosi atau perasaan. 
(2) Kognitif: keyakinan atau opini yang dikeluarkan secara sadar. 
(3) Konatif: kecenderungan untuk bertindak. 
(4) Evaluatif: respon positif atau negatif terhadap stimuli.


Memiliki sikap positif, yang memilih untuk merespon terhadap situasi sulit dengan pola pikir yang produktif, bisa membawa banyak manfaat untuk anda. Sikap positif bisa merendahkan tingkat stres anda, yang mana bagus untuk kesehatan anda. Sikap positif juga bisa meningkatkan kualitas hubungan anda dengan orang lain, baik itu dalam bidang kehidupan pribadi maupun pekerjaan. Beberapa contoh sikap positif adalah:

-    Harapan
Harapan adalah kemampuan untuk tetap berfokus kepada tujuan anda dan mengubah cara-cara jika diperlukan untuk sukses. Orang dengan sikap positif mampu untuk melihat melalui kesulitan yang sedang mereka alami dan percaya bahwa mereka dapat menemukan suatu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut.

-    Optimisme
Orang dengan sikap positif memperlihatkan optimisme, suatu kepercayaan terhadap hasil terbaik yang mungkin didapatkan dari keputusan atau tindakan yang mereka lakukan dan bahwa situasi negatif hanyalah sementara. Optimisme yang sehat adalah optimisme yang berlandaskan realitas; contohnya, seseorang tidak bisa melompat dari gedung tinggi dan merasa optimis bahwa ia bisa melawan hukum gravitasi.

-    Daya tahan
Orang yang positif memperlihatkan daya tahan yang kuat, yaitu suatu kemampuan untuk “melenting kembali” dari situasi sulit. Daya tahan atau ketahanan memiliki tiga komponen sikap: komitmen, kendali, dan tantangan.

-    Kepercayaan diri
Kepercayaan diri adalah suatu keyakinan bahwa anda bisa mempengaruhi hasil dari situasi tertentu. Orang yang memiliki sikap positif memiliki kepercayaan diri bahwa mereka bisa menghadapi berbagai macam tantangan dan percaya bahwa mengatasi tantangan adalah berada di dalam kendali mereka. Untuk meningkatkan kepercayaan diri anda, tempatkan diri anda pada situasi yang bisa anda kuasai, memecah tugas sulit menjadi beberapa bagian kecil, dan meniru perilaku orang lain yang telah meraih kesuksesan.

Referensi:
http://www.livestrong.com/article/166436-examples-of-a-positive-attitude/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel