Pengertian perdagangan


Perdagangan adalah transaksi komersial yang melibatkan penjualan dan pembelian terhadap barang, jasa atau informasi. Dalam perdagangan, ada yang namanya rahasia dagang, yaitu informasi yang penting bagi bisnis atau perusahaan dan tidak diketahui oleh publik. 

Rahasia dagang adalah istilah yang seringkali digunakan untuk melindungi informasi yang memiliki nilai komersial. Rahasia dagang bisa termasuk, misalnya, suatu metode atau teknik yang akan memberi sebuah bisnis atau perusahaan suatu keunggulan terhadap para pesaingnya.

Hukum yang mengatur tentang perlindungan informasi rahasia akan melindungi ide-ide dan informasi dari jangkauan publik. Oleh karenanya, hukum mengenai rahasia dagang adalah benar-benar tentang melindungi informasi rahasia.

Di bawah naungan hukum tersebut, informasi seperti itu dilindungi sebagai sebuah rahasia dari jangkauan siapapun kecuali orang-orang kunci tertentu yang ada di dalam bisnis atau perusahaan. Jika seseorang mengungkap informasi rahasia ini kepada orang lain, khususnya jika ia menyadari bahwa hal tersebut adalah suatu rahasia, tindakan hukum bisa dilakukan terhadapnya.

Tapi tidak semua informasi bisa digolongkan sebagai rahasia dagang. Hal-hal di bawah ini akan dipertimbangkan saat menentukan apakah telah terjadi pelanggaran terhadap rahasia dagang:
-    Informasi tersebut merupakan informasi yang bersifat rahasia bagi bisnis atau perusahaan
-    Pengungkapan informasi merupakan suatu tindakan pelanggaran terhadap perjanjian menjaga rahasia
-    Informasi digunakan dalam cara yang menghasilkan kerugian finansial terhadap bisnis atau perusahaan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk melindungi kerahasiaan dari suatu informasi:
-    Batasi jumlah orang yang bisa mengakses terhadap informasi rahasia tersebut
-    Minta para karyawan untuk menandatangani perjanjian menjaga rahasia, yang menjelaskan bahwa mereka berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan informasi-informasi spesifik yang diungkapkan kepada mereka
-    Memastikan bahwa setiap orang yang berhubungan dengan bisnis atau perusahaan, seperti misalnya para konsultan atau vendor, menandatangani perjanjian menjaga informasi rahasia
-    Menyimpan segala catatan dari semua kesepakatan bisnis yang mungkin mengandung informasi rahasia tertentu.

Dalam perdagangan, sangat penting untuk memiliki keunggulan spesifik yang memungkinkan perusahaan untuk mampu bersaing atau mengalahkan para pesaing. Dan jika sudah memilikinya, simpan rapat-rapat rahasianya agar para pesaing tidak mampu meniru keunggulan produk atau jasa dari perusahaan anda.

Referensi:
http://www.ipos.gov.sg/AboutIP/TypesofIPWhatisIntellectualProperty/Whatisatradesecretconfidentialinformation.aspx

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel