Pengertian Masalah


Masalah adalah kesenjangan yang dirasakan antara kenyataan yang ada dengan kenyataan yang diinginkan, atau deviasi dari norma, standar, atau status quo. Meskipun banyak masalah terbukti memiliki beberapa pilihan solusi (sarana untuk mendekatkan kesenjangan atau mengoreksi deviasi), kesulitan-kesulitan muncul jika sarana-sarana penyelesaian masalah tersebut adalah tidak jelas keberadaannya atau tidak segera tersedia.


Memiliki keterampilan bagus dalam penyelesaian masalah bisa membuat perbedaan besar terhadap karir anda.
Masalah-masalah adalah pusat dari apa yang banyak orang lakukan dalam kerjanya setiap hari. Apakah anda menyelesaikan masalah untuk seorang klien (internal atau eksternal), mendukung orang yang sedang menyelesaikan masalah, atau menemukan masalah baru untuk diselesaikan, masalah-masalah yang anda hadapi bisa berukuran besar atau kecil, sederhana atau kompleks, dan mudah atau sulit.

Bagian fundamental dari peran seorang manajer adalah untuk menemukan cara dalam menyelesaikan masalah. Jadi, menjadi seorang penyelesai masalah adalah sangat penting untuk kesuksesan anda. Kebanyakan dari kepercayaan diri dalam menyelesaikan masalah datangnya dari memiliki cara atau proses yang bagus dan terbukti efektif untuk digunakan saat menghadapi suatu masalah. Dengan menggunakannya, anda bisa memecahkan masalah secara cepat dan efektif. Tanpanya, solusi anda mungkin tidaklah efektif, atau anda akan tertahan dan tidak melakukan apapun, dengan konsekuensi yang kadang-kadang menyakitkan.

Ada empat langkah mendasar dalam menyelesaikan suatu masalah:
1.    Mendefinisikan masalah
2.    Mengumpulkan alternatif penyelesaian masalah
3.    Mengevaluasi dan memilih alternatif-alternatif tersebut
4.    Menerapkan solusinya.

Entah apa masalah anda, yang pasti anda perlu menanamkan di dalam pikiran anda bahwa tidak ada satu masalah pun yang tidak memiliki solusi. Oleh karena itu, tidak perlu terlalu pusing jika sedang menghadapi suatu masalah. Segeralah bertindak untuk menemukan solusinya. Hanya berdiam diri dan memikirkannya saja tidak akan membuat masalah menjadi selesai.

Referensi:
https://www.mindtools.com/pages/article/newTMC_00.htm

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel