Pengertian keterampilan

Keterampilan adalah suatu kemampuan dan kapasitas yang diperoleh melalui usaha yang disengaja, sistematis, dan berkelanjutan untuk secara lancar dan adaptif melaksanakan aktivitas-aktivitas yang kompleks atau fungsi pekerjaan yang melibatkan ide-ide (keterampilan kognitif), hal-hal (keterampilan teknikal), dan orang-orang (keterampilan interpersonal).


Dengan banyaknya lulusan baru yang memenuhi pasar tenaga kerja, para majikan cenderung mencari calon karyawan yang memiliki keterampilan bagus dan pengalaman kerja. Bergantung kepada sektor karir dan profesi yang anda pilih, ada keterampilan, kemampuan dan pengetahuan yang sangat spesifik yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Tapi secara umum, ada beberapa keterampilan yang diinginkan oleh para majikan.

1.    Kesadaran komersial (memiliki naluri bisnis yang tajam): Hal ini tentang memahami bagaimana cara kerja bisnis atau industri dan apa yang membuat perusahaan bisa sukses.

2.    Komunikasi: Hal ini mengenai komunikasi secara verbal dan tertulis.

3.    Kerja tim: Anda harus membuktikan bahwa anda adalah seorang pemain tim dan juga memiliki kemampuan untuk mengelola dan mendelegasikan kepada orang lain serta untuk mengambil tanggung jawab.

4.    Negosiasi dan persuasi: Mampu untuk mensukseskan misi-misi perusahaan melalui teknik negosiasi dan persuasi yang handal.

5.    Pemecahan masalah: Anda harus menunjukkan kemampuan untuk mengambil pendekatan yang logis dan analitis untuk memecahkan masalah dan menangani berbagai macam isu.

6.    Kepemimpinan: Mungkin anda tidak akan langsung memegang posisi tinggi, tapi anda harus menunjukkan potensi kemampuan untuk memotivasi tim.

7.    Organisasi: Ini adalah mengenai kemampuan bahwa anda bisa menentukan prioritas, bekerja secara efektif dan produktif, dan mengelola waktu anda dengan baik.

8.    Ketekunan dan motivasi: Dunia kerja menyajikan banyak tantangan dan anda perlu menunjukkan kepada majikan bahwa anda adalah jenis orang yang akan menemukan jalan keluar saat situasi sedang sulit.

9.    Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan: Ini adalah mengenai sikap yang tetap tenang dalam menghadapi krisis.

10.    Kepercayaan diri: Anda perlu menunjukkan sikap yang percaya diri, tapi tidak arogan. Dan anda juga harus memiliki kepercayaan diri terhadap para kolega dan perusahaan tempat anda bekerja.

Referensi:
https://targetjobs.co.uk/careers-advice/career-planning/273051-the-top-10-skills-thatll-get-you-a-job-when-you-graduate

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel