Pengertian Karakter


Karakter adalah kualitas yang stabil dan khas yang dibangun di dalam kehidupan seorang individu yang menentukan responnya terlepas dari keadaan yang melingkupinya. Kualitas dari karakter yang akan menentukan respon seseorang dalam situasi apapun. Contohnya, orang dengan karakter kejujuran cenderung akan melaporkan suatu fakta secara apa adanya dibanding orang yang memiliki karakter tidak jujur. Orang dengan karakter waspada cenderung akan menjadi pengemudi yang lebih baik di jalan dibanding orang dengan karakter ceroboh.


Kesuksesan atau kegagalan dalam situasi apapun bergantung kepada bagaimana kita memberikan respon terhadap keadaan dan apa yang sedang terjadi. Yang berarti bahwa karakter kita akan menentukan kesuksesan kita dalam kehidupan. Tentu saja, itu tidak berarti bahwa orang baik akan selalu mengalami kesuksesan yang lebih dibanding orang jahat. Ada beberapa sifat karakter yang cenderung untuk mengarahkan kepada kesuksesan dan yang lainnya cenderung untuk mendatangkan kegagalan.

Setiap orang memiliki karakter. Orang-orang kadang berpikir bahwa karakter adalah sesuatu yang dimiliki atau tidak dimiliki oleh seseorang. Mereka mungkin berkata, “Dia memiliki karakter,” yang berarti bahwa dia memiliki karakter yang bagus. Kita secara intuitif mengenali kebenaran bahwa setiap orang memiliki karakter dan kita memisahkan antara karakter yang bagus dan yang buruk.

Apa yang dimaksud dengan kualitas karakter, atau sifat karakter, yang membangun karakter seseorang? Bagaimana mereka bisa dibangun dalam kehidupan seseorang? Bisakah mereka diubah?

Jika anda dan saya diminta untuk membuat suatu daftar tentang kualitas karakter atau sifat karakter yang bagus, kita berdua mungkin akan memasukkan kata-kata semacam kejujuran, integritas, kemandirian, loyalitas, antusiasme, dan lain sebagainya. Tentu saja, masih ada banyak lainnya yang bisa ditambahkan.

Telah dikatakan bahwa karakter adalah fondasi untuk segala kesuksesan sejati. Seseorang mungkin memiliki uang, posisi, atau kekuasaan, tapi kecuali ia memiliki karakter yang bagus ia tidak bisa dikatakan telah benar-benar mengalami kesuksesan.

Karakter kita adalah apa yang benar-benar menentukan kesuksesan kita di dalam area apa saja dalam kehidupan. Karakter kita akan membimbing respon kita terhadap situasi atau keadaan apa saja dalam kehidupan kita. Oleh karena bagaimana kita merespon terhadap berbagai hal yang muncul adalah apa yang akan menentukan hasil yang akan kita dapatkan, bisa juga dikatakan bahwa kesuksesan yang kita dapatkan ditentukan oleh karakter kita.

Referensi:
http://www.character-training.com/blog/good-character-or-bad-character/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel