Pengertian Kapabilitas


Kapabilitas adalah ukuran dari kemampuan suatu entitas (departemen, organisasi, orang, sistem) untuk meraih tujuan-tujuannya, khususnya dalam hubungannya dengan misi secara keseluruhan.



Kapabilitas bisnis mendefinisikan “apa” yang bisnis lakukan pada intinya. Ini berbeda dari “bagaimana” hal-hal dilakukan atau dimana mereka melakukannya. Kapabilitas bisnis adalah inti dari arsitektur bisnis. Kapabilitas bisnis adalah ekspresi dari kapasitas, material dan keterampilan yang dibutuhkan oleh organisasi agar bisa menampilkan fungsi intinya.

Kapabilitas bisnis kadang-kadang dibingungkan dengan konsep-konsep lainnya dalam manajemen proses bisnis seperti misalnya proses-proses bisnis dan fungsi-fungsi bisnis. Proses-proses bisnis menjelaskan metode-metode yang digunakan oleh sebuah organisasi agar bisa menyediakan dan memaksimalkan kapabilitas bisnis. Fungsi-fungsi bisnis menjelaskan peran-peran yang dimainkan oleh para individu dan unit-unit di dalam bisnis agar bisa memenuhi tujuan-tujuan bisnis.

Sementara fungsi-fungsi dan peran-peran berubah secara pesat sejalan dengan banyaknya karyawan baru yang memasuki bisnis, kapabilitas bisnis tetap stabil secara relatif. Kapabilitas bisnis level tinggi termasuk kepada konsep-konsep seperti misalnya manajemen rantai pasokan dan penjualan yang bisa dipertemukan oleh berbagai proses-proses bisnis, yang pada gilirannya bisa dihubungkan dengan berbagai peran bisnis. Kapabilitas bisnis juga bisa dipecah-pecah ke dalam level yang lebih kecil. Manajemen rantai pasokan, misalnya, bisa dibagi menjadi aliran produk, aliran informasi, dan aliran keuangan.

Contoh penggunaan kata “kapabilitas” dalam sebuah kalimat:
-    Dengan pengalaman selama dua tahun di pusat informasi dan empat tahun sebagai manajer, Julia telah menunjukkan bahwa ia memiliki kapabilitas untuk menangani tanggung jawab baru dalam perannya sebagai eksekutif penjualan.
-    Kapabilitas anda dalam menangani tugas-tugas dan tim adalah sangat luar biasa, anda telah memberikan contoh yang bagus dalam hal keterampilan kepemimpinan dan komunikasi.
-    Dengan usaha yang mencukupi dan determinasi kuat, semua manusia di planet ini memiliki kapabilitas untuk melakukan apa saja yang mereka impikan.

Referensi:
http://searchsoa.techtarget.com/definition/business-capability

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel