Pengertian finansial


Finansial adalah istilah luas yang digunakan untuk menjelaskan banyak aspek dari keuangan atau industri keuangan, seperti misalnya instrumen finansial, layanan finansial, institusi finansial, penasehat finansial atau perencanaan finansial.


Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sumber-sumber daya finansial anda dan mencapai keberlanjutan yang mapan, anda akan perlu untuk mengelola secara benar semua sumber-sumber pendanaan dan pembiayaan dalam suatu strategi yang menyeluruh untuk organisasi anda.

Mengapa harus memiliki sebuah strategi?
Banyak organisasi mendapatkan pemasukan dari sejumlah sumber pendanaan dan pembiayaan yang berbeda, yaitu misalnya dari donasi, hibah, kontrak dan pemasukan yang dihasilkan dari perdagangan.

Strategi finansial akan memungkinkan organisasi anda untuk menilai kebutuhan finansial anda dan sumber-sumber dukungan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan anda dan memenuhi misi organisasi, sementara juga merencanakan untuk mewujudkan pertumbuhan yang kontinyu demi terciptanya stabilitas.

Strategi finansial anda berasal dari misi anda. Jadi langkah pertamanya adalah untuk mendefinisikan secara jelas apa misi anda dan apa rencana anda untuk mencapai misi anda sebelum mempersiapkan anggaran finansialnya.

Apa yang menjadi misi anda?
Pernyataan misi adalah suatu deklarasi singkat tentang tujuan dan nilai-nilai perusahaan – suatu alasan kenapa ia ada. Misi anda seharusnya adalah sebuah pernyataan niat jangka panjang yang berasal dari visi yang menginspirasi terbentuknya organisasi. Ia bukan merupakan daftar detail tentang apa yang akan anda lakukan, bagaimana anda melakukannya dan kapan akan melakukannya.

Berfokus kepada misi akan membantu anda dalam memindahkan fokus dari apa yang anda lakukan, kepada apa yang ingin anda raih. Setelah misi anda menjadi jelas, anda akan mampu untuk menentukan tujuan-tujuan strategis (jangka menengah dan panjang) yang akan menentukan arah dari organisasi anda.

Dengan arah yang telah jelas, anda bisa menciptakan rencana kerja yang detail yang menguraikan aktivitas-aktivitas operasional yang dibutuhkan untuk mencapai setiap tujuan. Ini akan memastikan bahwa misi dan tujuan finansial anda adalah saling melengkapi satu sama lain dan tidak saling bertentangan.

Referensi:
https://knowhownonprofit.org/funding/fibasics/funding-and-income-basics-2/what-is-a-financial-strategy

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel