Pengertian Etika Bisnis


Etika adalah tingkah laku yang diharapkan dan ekspektasi terhadap tindakan-tindakan individu di dalam masyarakat, kelompok atau kelas. Di dalam area bisnis, ia menyangkut memperlakukan rekan-rekan kerja dan majikan dengan hormat dan sopan dalam cara yang bisa menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan bagi semua orang.



Berikut ini beberapa etika bisnis yang mungkin bisa berguna bagi anda:
1.    Perkenalkan orang lain
Selalu usahakan untuk memperkenalkan orang-orang kepada orang yang lainnya saat ada kesempatan untuk itu, kecuali anda tahu bahwa mereka telah saling mengenal sebelumnya. Itu akan membuat orang-orang merasa dihargai.

2.    Berjabat tangan
Ini bukan hanya perilaku yang menunjukkan bahwa anda adalah orang yang sopan, percaya diri dan ramah, tapi juga membuka peluang untuk potensi hubungan profesional di masa depan.

3.    Selalu mengatakan “Terima kasih”
Bahkan dalam situasi yang sangat profesional sekalipun, bentuk dasar dari kesopanan ini adalah masih sangat penting.

4.    Jangan menyela
Menyela omongan orang lain adalah perilaku yang sangat tidak sopan dan menunjukkan rasa tidak hormat kepada orang lain. Jangan lakukan itu.

5.    Perhatikan bahasa anda
Pilihlah bahasa yang anda pakai secara hati-hati. Bahasa yang anda gunakan sehari-hari di lingkungan pergaulan (bahasa gaul) tidaklah pantas untuk lingkungan profesional.

6.    Periksa kembali sebelum anda memencet tombol “kirim”
Selalu periksa ulang e-mail anda sebelum anda mengirimkannya. Pastikan tidak ada kata-kata yang tidak sopan dan salah eja. Jangan pula menggunakan smiley.

7.    Jangan memasuki kantor orang lain tanpa permisi
Pastikan untuk selalu mengetuk pintu dan menanyakan apakah ia bersedia meluangkan waktunya untuk anda.

8.    Jangan bergosip
Bergosip tentang orang lain hanya akan memberi kesan jelek tentang diri anda sendiri, dan menunjukkan bahwa anda bukanlah profesional sejati.

9.    Tepat waktu
Kita semua sibuk. Selalu tepat waktu menunjukkan bahwa anda menghargai waktu orang lain. Terlambat dalam memenuhi janji pertemuan tidaklah berarti bahwa anda lebih sibuk daripada orang lain, hal itu hanya berarti bahwa anda bukanlah orang yang penuh perhatian dan pengertian.

Referensi:
https://www.americanexpress.com/us/small-business/openforum/articles/15-vital-business-etiquette-rules/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel