Pengertian Bos


Bos adalah individu yang biasanya merupakan atasan langsung dari beberapa karyawan dan memiliki kapasitas serta tanggung jawab tertentu untuk membuat keputusan. Istilah itu sendiri bukanlah merupakan gelar formal, dan kadang-kadang digunakan untuk mengacu kepada karyawan yang memiliki jabatan lebih tinggi dalam sebuah perusahaan, misalnya supervisor, manajer, direktur, atau CEO.



Bos seringkali menjadi alasan utama bagi para karyawan untuk mencintai atau membenci pekerjaan mereka. Seorang bos adalah seperti sebuah tali pusat yang menghubungkan para karyawan dalam organisasi, dan jika tali tersebut rusak, para karyawan pada akhirnya akan meninggalkan perusahaan. Berikut ini adalah hal-hal yang membuat seseorang menjadi bos hebat:

1.    Menetapkan ekspektasi yang jelas
Bos yang efektif tidak mengatakan kepada para karyawannya tentang bagaimana cara menyelesaikan suatu pekerjaan. Ia berbicara soal hasil kepada mereka, dan para karyawan dipercaya untuk mengeksekusi detail dan proses dalam cara yang menurut mereka tepat.

2.    Memiliki tipe pelatih
Bos yang hebat memandang posisinya sebagai seorang pemimpin dan pelatih, seseorang yang mendidik dan menyemangati para pemainnya, yang memimpin timnya melalui teladan.

3.    Memberi umpan balik
Mereka tidak menunda-nunda dalam memberikan umpan balik kepada para karyawannya dan memberikan umpan balik dalam rangka untuk meningkatkan kualitas para karyawan, bukan untuk menghukumnya.

4.    Menghargai setiap usaha para karyawan
Para karyawan butuh untuk merasa dihargai. Tidak ada yang lebih efektif dalam memotivasi para karyawan selain daripada pujian-pujian yang positif, dan seorang bos hebat sangat menyadari hal ini.

5.    Inklusif
Sangat esensial bagi para karyawan untuk merasakan penerimaan dan persamaan dalam organisasi. Seorang bos yang hebat menciptakan suatu lingkungan yang berdasarkan pada integritas, kepercayaan, dan respek.

6.    Mengenal para karyawannya
Para karyawan yang merasa bahwa bos mereka sangat peduli kepada mereka adalah para karyawan yang akan memberikan komitmen seratus persen terhadap pekerjaannya. Bos yang luar biasa tahu cara menerapkan hal ini.

7.    Menyadari talenta unik para karyawannya
Bos yang hebat mengamati para karyawannya untuk menemukan apa yang terbaik yang bisa mereka lakukan dan menempatkan mereka sesuai kemampuan terbaiknya tersebut.

8.    Bekerja tanpa kenal takut
Bos yang efektif mendorong para karyawannya untuk tidak takut dalam membuat kesalahan. Rasa takut hanya akan menghalangi pertumbuhan.

9.    Terbuka dan jujur
Bos yang hebat menyadari bahwa komunikasi adalah esensial dalam suatu perusahaan. Jika ia melihat prestasi yang menurun, ia tidak akan menunggu lama untuk membicarakannya dan mencari solusi bersama-sama.

Referensi:
http://hiring.monster.com/hr/hr-best-practices/workforce-management/hr-management-skills/what-makes-great-boss.aspx

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel