Pengertian Bisnis

Bisnis adalah sebuah organisasi atau sistem ekonomi dimana barang dan jasa dipertukarkan satu sama lain atau untuk sejumlah uang. Setiap bisnis membutuhkan beberapa bentuk investasi dan jumlah pelanggan yang mencukupi kepada siapa hasil produksi bisa dijual secara konsisten agar bisa menghasilkan keuntungan. Bisnis bisa dimiliki secara pribadi, tidak untuk profit atau dimiliki oleh negara.


Tujuan dari bisnis adalah untuk menawarkan suatu nilai (melalui produk atau jasa) kepada para pelanggan, yang membayar untuk nilai tersebut dengan sejumlah uang atau yang setara dengannya. Minimalnya, uang yang diterima bisa menutup biaya operasional bisnis kalau tidak bisa mendapatkan keuntungan.

Sejumlah uang kelebihan yang didapatkan dari menjual barang dan jasa (profit atau keuntungan) bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis tersebut; untuk diinvestasikan kembali demi masa depan perusahaan; atau bisa pula digunakan untuk kegiatan filantropis.

Setiap bisnis, khususnya yang baru berdiri, harus memiliki tujuan yang jelas, suatu alasan yang melebihi persoalan produk yang dibuat atau jasa yang disediakan. Beberapa alasan yang menjelaskan kenapa memiliki tujuan dalam bisnis adalah sangat penting bisa dikaji di bawah ini.

1.    Tujuan untuk diri anda sendiri. Akan ada masanya dimana menghasilkan uang bukanlah menjadi motivasi yang terutama. Jika anda mampu menjawab pertanyaan yang merefleksikan tujuan yang lebih besar dan spesifik, anda akan memiliki energi dan inspirasi besar untuk melanjutkan bisnis anda, bukan hanya untuk satu hari saja, tapi untuk sepanjang hidup anda.

2.    Tujuan untuk para karyawan anda. Para karyawan anda tidaklah berbeda dari anda, mereka juga ingin merasa bahwa mereka berkontribusi terhadap sesuatu yang lebih besar. Tugas andalah untuk menanamkan tujuan tersebut sehingga keseluruhan organisasi bisa bergerak sebagai satu kesatuan.

3.    Tujuan untuk para pelanggan anda. Para pelanggan bukan hanya ingin mendapatkan nilai maksimal dari produk dan jasa yang anda jual, tapi juga ingin berpartisipasi bersama organisasi bisnis untuk tujuan yang lebih besar. Mereka akan dengan senang hati mengeluarkan uangnya untuk membeli produk dan jasa jika mengetahui bahwa organisasi bisnis memiliki tujuan yang lebih besar daripada sekedar mencari keuntungan.

4.    Tujuan untuk komunitas anda. Adanya organisasi bisnis akan membawa dampak yang positif terhadap komunitas dimana bisnis tersebut beroperasi. Apalagi jika bisnis tersebut benar-benar serius dalam tujuannya untuk memberi manfaat kepada komunitas, maka pengaruhnya akan semakin kuat.

Referensi:
http://www.entrepreneur.com/article/238720
http://www.contrarianconsulting.com/the-purpose-of-a-business/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel