Fase Jadi Mahasiswa Kriteria Saya


Hai Mahasiswa - Bagi temen-temen mahasiswa mungkin sudah pernah mengalami seperti apa yang saya alami. Atau mengalami fase-fase menjadi mahasiswa yang lebih dari apa yang saya alami.

Menjadi Mahasiswa bukan perkara mudah. Karena kalau kita sudah dilantik menjadi seorang Mahasiswa kita akan mendapatkan titel baru, yaitu Aktivis ataupun seorang yang mempunyai kelebihan atau sanga Maha. serem amat yah, kalau sampai di panggil Maha untung aja selama ini belum ada manggil saya Maha. 

Sedangkan dalam KBBI Maha itu artinya sangat, kata ini adalah kata penekanan bahwa  lebih dari yang lainnya. Dalam arti lengkapnya Mahasiswa adalah seseorang yang menuntut ilmu di perguruan tinggi. Di dalam dunia pendidikan, status mahasiswa adalah staus tertinggi seorang murid di dunia pendidikan. Nah kalau kita berada di tengah masyarakat kita sebagai Mahasiswa di jadikan tolak ukur atau sudut pandang, seakan kita ini adalah orang yang sudah memiliki ilmu banyak, padahal baru juga di lantik menjadi seorang Mahasiswa.

Fase yang pertama :
  • Pada semester 1-2  (Penjajakan)

Rasa Ingin tau akan Organisasi Memuncak, wajarlah kalau hal ini saya alami, mungkin temen-temen yang lain juga merasakannya. Rasa ingin tau tentang apa itu organisasi memuncak sehingga rasanya semua organisasi yang kita temui dan kita tau ingin di ikuti.


Namun kadang juga terbatas dengan pekerjaan sehingga hanya beberapa organisasi saja yang bisa di ikuti.


Soal aktifitas perkuliahan juga masih tergolong santai dan ingin rame-rame saja, apalagi baru dapat temen baru yang banyak. Masih tahap penyesuaian dalam mendalami mata kuliah dan menyesuaikan perbedaan karakter teman se kampus.

Fase Yang Kedua :
  • Pada semster 3 dan 4 (Goncangan Level Dasar)
Dalam fase ini jiwa seorang mahasiswa mendapatkan goncangan, baik itu soal organisasi ataupun hidup yang menyangkut karier kedepannya atau IP kuliah. Mulai memilih organisasi yang tepat untuk masadepannya, mulai memilih temen yang sesuai dengan organisasinya, mulai memikirkan soal kerja dan kerja.

Menjadi seorang mahasiswa juga perlu kerja, gak mungkin selamanya mau minta uang sama orang Tua.

Kalau mahasiswa yang loyalitas terhadap organisasi pada masa fase ini juga masih gencar di dalam aktifitas organisasinya dia gak perduli dengan kerja atau karier kerja atau IPK, karena dia mempunyai keyakinan bahwa di organisasi kita akan mudah berkarier kedepannya (Relasi, Pengalaman, skill) didapat di organisasi. Namun perlu saya ingatkan kembali IPK Kuliah juga penting.

Fase Yang Ketiga :
  • Pada semester 5 - 6 (Goncangan Level Menengah )
Pada fase ini mahasiswa mulai memikirkan, mau dibawa kemana ilmu yang didapat di bangku kuliah, jadi apa ?, selama ini sudah bisa ngapain aja? bakat apa yang saya punya dari bangku kuliah ?, Kelebihan apa yang saya miliki ? atau harus ikut kursus di lembaga Pemerintahan lagi ? atau bagaimana ?


Mulai berpikir,.. mau nikah aja di penghujung semester ? atau bagaiamana ya ?
semua menjadi tanda tanya. Apakah jurusan yang aku pilih selama ini benar sesuai apa yang aku inginkan ? untuk mencapai karier kedepannya? abagaiaman peluang yang ada ?


Taau ah,, saya juga gak memikirkan hal seribet itu. Menurut saya pribadi , semua hal yang positif harus disikapi dengan positif dan lapang dada, jalani apa yang ada di depan mata lakukan yang terbaik sekuat kemampuan kita. Semua sudah di atur kita sendiri hanya menjalankan apa yang sudah di tetapkan.

Fase Yang Ke Empat :
  • Pada Semsester 7-8 (Goncangan Level Puncak)


wuuih,, pada semster akhir ini makin berat tantangannya di banding dengan semester yang telah lalu. Di semester ini kita akan menghadapi yang namanya Magang / PKM, menyusun laporan magang, Menyusun Proposal Seminar Skripsi, melakukan Penelitian, menysun Penelitian, dan Sidang Skripsi. Dan embel embel Yudisum plus acara wisuda.

Eits, Ada fase yang kelima loh..

Fase Yang Ke Lima :

  • bahagia Jadi sarjana dapat Gelar Baru Lagi dan TLG (Top Level Gelar)

Itu yang kita nantikan Meraih gelar Sarjana. Apalagi dapat IPK di atas rata-rata lebih sangat bahagia.

Demikianlah Fase Menjadi Mahasiswa Kriteria Saya, semoga anda terhibur. dan janganlupa tinggalkan jejak kalian di kolom komentar.
Salam_Mahasiswa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel