Daftar Konsep Kunci E



E


Ensiklopedi adalah sumber literatur yang berisi berbagai informasi, dapat berupa arti kata atau sitilah, kejadian masa lalu, riwayat hidup tokoh serta informasi lain sesuai dengan subjek ensiklopedi tersebut.
Epistemologi merupakan bidang filsafat yang berhubungan dengan masalah mengenai kemungkinan, sifat, sumber, serta batas-batas pengetahuan manusia. Ini mencakup dasar-dasar filosofis keyakinan peneliti mengenai sifat pengetahuan dan bagaimana pegetahuan berasal atau diciptakan.
  • Estimasi (Estimation)
Estimasi adalah prosespenyimpulan nilai sebenarnya dari variabel dalam populasi dari sampel yang diambil dari populasi. Ini merupakan suatu metode tempat memperkirakan nilai populasi dengan menggunakan hasil pengujian di tingkat sampel.
Etik merupakan pendekatan yang berorientasikan pada perseptif ekstrenal dalam mengungkap fenomena sosial, yaitu perseptif peneliti sebagai "orang luar" yang tidak menjadi bagian studi. Konsep ini berkebalikan dengan emik. Sedangkan Emik adalah sebuah pendekatan yang berorientasi pada perspektif internal, yaitu perspektif partisipan yang terlibat dan menjadi bagian studi.
Etika penelitian merupakan standar tata perilaku peneliti selama melakukan penelitian. Etika penelitian mengatur berbagai hal yang harus menjadi pedoman perilaku peneliti sejak menyusun desain penelitian, mengumpulkan data di lapangan (melakukan wawancara, memberikan angket, melakukan pengamatan, meminta data pendukung), ketika menyusun laporan penelitian, sampai mempublikasikan hasil penelitian.
Etnografi merupakan kajian mengenai kehidupan dan kebudayaan suatu masyarakat atau etnis tertentu secara holistik, misalnya ; mengenai adat istiadat, kebiasaan, hukum, seni, religi, bahasa. Metode penelitian ini berasumsi bahwa keterlibatan peneliti dengan masyarakat adalah kunci untuk memahami budaya atau kondisi sosial tertentu.
Etnometodologi merupakan ragam penelitian kualitatif  yang berusaha memahami bagaimana orang belajar dan mengetahui ritual sosial, tingkah laku, dan simbol diambil untuk diberikan dalam kehidupan sehari-hari.
Etnosemantik atau etnografi semantik menunjuk pada produksi informasi secara rinci mengenai berbagai konsep yang digunakan oleh sekelompok orang tertentu untuk memahami lingkungan mereka.
Etnostatistisk merupakan sebuah studi yang mempelajari mengenai bagaimana data (statistik) dikumpulkan dan dianalisis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel