Daftar Konsep Kunci Metode Penelitian Sosial A

Metode Penelitian Sosial 
 Konsep-Konsep Kunci 
Penulis Buku ; Nanang Martono
Kata Pengantar : William L. Lukman
Penerbit PT. RajaGrafindo Persada, jakarta
 

DAFTAR KONSEP KUNCI

A
Academia.edu adalah salah satu media sosial yang dapat digunakan oleh para akademisi untuk saling berbagi tulisan atau karya ilmiah mereka.
Aksiologi merupakan cabang ilmu filsafat ilmu yang mempertanyakan “Bagaimana manusia menggunakan Ilmunya”. Pertanyaan ini menyangkut masalah manfaat sebuah ilmu pengetahuan.
Alpha Cronbach merupakan salah satu untuk mengukur relabilitas instrumen penelitian.
Analisis univariat : analisis untuk menggambarkan karakter satu variabel (analisis deskriptif). Analisis bivariat : analisis untuk menjelaskan hubungan dua variabel (analisis asosiatif atau komparatif). Analisis multivariat : analisis untuk menjelaskan hubungan di antara lebih dari satu variabel (analisis asosiatif atau komparatif).
Analisis data merupakan proses pengelolaan, penyajian, interpretasi, dan analisis data yang diperoleh dari lapangan dengan tujuan agar data yang disajikan mempunyai makna sehingga pembaca dapat mengetahui hasil penelitian kita.
Penelitian kualitatif menghasilkan data dalam bentuk rekaman hasil wawancara, trasnkrip wawancara, catatan hasil pengamatan, dokumen-dokumen tertulis, serta catatan lain yang tidak terekam selama pengmpulan data.
Analisis data kuantitatif melibatkan beberapa proses pengolahan instrumen penelitian. Berupa angket atau instrumen lain. Data dari instrumen tersebut diolah dengan prosedur tertentu untuk kemudian disajikan secara lebih sederhana agar mudah dipahami peneliti dan pembaca.
Analisis data sekunder (ADS) disebut juga secondary data analysis data analysis atau existing statistic merupakan slah satu jenis penelitian nonreaktif yang menggunakan data sekunder sebagai sumber data utama. Dalam penelitian ini, peneliti tidak mencari data sendiri, tetapi data yang menjadi objek penelitian telah tersedia di lembaga tertentu.
Analysis faktor metode pemodelan kovariasi di antara seperangkat hubungan antar variabel yang diamati sebagai fungsi dari satu atau lebih konstruksi yang bersifat laten, yaitu sejumlah faktor yang relatif kecil yang dapat digunakan untuk menjelaskan sejumlah besar variabel yang saling berhubungan.
Analisis isi atau content analysis dapat didefinisikan sebagai sebuah teknik mengumpulkan dan menganalisis isi suatu teks. “ISI” dalam hal ini dapat berupa kata, arti (makna), gambar, simbol, ide, tema, atau beberapa pesan yang dapat dikomunikasikan.
Secara kualitatif, analisis isi berupaya mengungkap makna dibalik teks, simbol, atau materi tekstual lainnya dengan menganalisis secara kritis berbagai kepentingan atau muatan nilai nilai tertentu yang mendasari pembentukan teks atau simbol tersebut.
Analisis Jalur atau path analysis merupakan teknik analisis statistik yang digunakan untk menganiliis hubungan sebab akibat yang terjadi pada regresi berganda. Hubungan ini di analisis jika variabel bebasnya mempengaruhi variabel terikat tidak hanya secara langsung tetapi juga secara tidak langsung. Teknik ini dikembangkan dari regresi linier berganda.
Analisis jaringan sosial atau social network analysis atau disebut juga analisis jaringan merupakan sebuah metode pemetaan, analisis sosial, dan atau pengaruh hubungan dan interaksi sosial yang terjadi dalam sekelompok sosial atau lembaga sosial yang melibatkan kelompok orang, ataupun kelompok masyarakat.
Analisis kecendrungan merupakan metode analisis statistik yang ditujukan untuk melakukan suatu estimasi atau peramalan pada masa yang akan datang.
Analisis meta adalah kombinasi tehnik statistik yang menggabungkan informasi dari studi yang berbeda untuk memprediksi perkiraan ukuran pengaruh (effect size). Analisis meta mencoba menemukan pola dalam temuan beberapa studi untuk memecahkan masalah penelitian.
Analysis of variance atau anova merupakan sebuah alat uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis komparatif beberapa kelompok sampel bila datanya berada pada skala interval atau rasio.
Analisis wacana atau discourse analysis merupakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan bahasa atau wacana sebagai instrumen utama untuk memahami dunia sosial yang sedang ditelaah. Ini merupakan pendekatan penelitian yang menganggap bahwa bahasa atau wacana dipandang mampu mewakili konstruksi realitas sosial, terutama dalam konteks sosial dari apa yang dikatakan, bukan dengan asumsi bahasa hanya untuk mewakili apa yang sedang dipikirkan seseorang.
Analisis wacana kritis Critical Discourse Analysis (CDA) merupakan bentuk analisis wacana yang mempelajari hubungan antara wacana dan ideologi, yaitu seperangkat keyakinan, sikap, dan perilaku yang merupakan perspektif mengenai dunia. Secara sederhana, analisis wacana kritis menganalisis keberadaan “motif politik’ tertentu dalam sebuah teks.
Angket merupakan daftar pertanyaan lengkap mengenai banyak hal yang diperlukan oleh peneliti untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan penelitian. Daftar pertanyaan tersebut diberikan kepada responden untuk di isi.
Artikel ilmiah merupakan sebuah karangan atau tulisan yang bersifat argumentatif. Tulisan ini didasarkan atas hasil peneiltian atau kajian teoritis seseorang. Berkaitan dengan proses penelitian dan penulisan laporan penelitian, artikel ilmiah dapat dikatakan sebagai “miniatur” laporan penelitian. Artikel ilmiah merupakan sebuah ringkasan karena panjangnya lebih pendek darpada laporan penelitian itu sendiri.
Assosiasi merupakan hubungan antara dua fenomena. Hubungan tersebut cenderung bervariasi antara fenomena yang satu dengan fenomena yang lainnya. Kemudian, hubungan sebab kaibat menunjukkan sifat hubungan antar fenomena ketika keberadaan atau perubahan fenomena yang satu menyebabkan keberadaan atau perubahan fenomena yang lain. Asosiasi sering disebut dengan korelasi, sedangkan hubungan sebab akibat ini sering disebut sebagai pengaruh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel