DAFTAR KONSEP KUNCI D



                                                                    

D

Daftar pustaka adalah daftar referensi (buku, artikel, surat kabar, dan sebagainya) yang digunakan penulis dalam menyusun suatu karya tulis atau karya ilmiah. Daftar pustaka kadang-kadang disebut juga referensi, senarai pustaka, daftar literatur, atau biblliografi.

Data primer dalam proses penelitian didefenisikan sebagai sekumpulan informasi yang diperoleh peneliti langsung dari lokasi penelitian melalui sumber pertama (responden atau informan, melalui wawancara) atau melalui hasil pengamatan yang dilakukan sendiri oleh peneliti.

Secara sederhana definisi operasional dimaknai sebagai sebuah petunjuk yang menjelaskan kepada peneliti mengenai bagaimana mengukur sebuah variabel secara konkret. Melalui definisi operasional, peneliti akan lebih mudah menentukan metode untuk mengukur sebuah variabel serta menentukan indikator yang lebih konkret sehingga lebih mudah untuk di ukur dan di uji secara empiris.

Derajat kebebasan atau degrees of freedom adalah jumlah skor yang harus diketahui sebelium menghitung sisanya. Jika total dari dua angka adalah 37 dan kita tahu bahwa satu nomor adalah 20, maka kita dapat menghitung bahwa yang lain harus 17, shingga derajat kebebasan akan menjadi salah satu. Nilai ini digunakan untuk membantu memperkirakan dampak variasi acak dalam pengujian H0.

Desain penelitian (disebut juga rancangan penelitian; proposal penelitian; atau usul penelitian) adalah dokumen yang menjelaskan berbagai komponen yang akan digunakan peneliti serta berbagai aktivitas yang akan dilakukannya selama proses penelitian. Desain penelitian hanyalah sebuah ringkasan.

Diagram batang merupakan diagram yang menggambarkan suatu distribusi frekuensi dengan bentuk beberapa segi empat.

Diagram batang daun adalah metode untuk menyajikan frekuensi kelas-kelas tertentu dari nilai yang ada dengan memisahkan nilai puluhan dan satuan setiap data.

Diskusi kelompok terarah atau lebih sering disebut Fokus Group Discussion (FGD) merupakan strategi pengumpulan data yang melibatkan wawancara dan diskusi secara intensif dengan kelompok kecil mengenai masalah tertentu.

  •  Distribusi Binominal (Binominal Dsitribution)
Distribusi binominal adalah sebuah distribusi teoritis yang menggunakan variabel random diskrit yang terdiri atas dua kejadian yang berkomplemen, seperti ; baik-tidak baik, atas bawah, kanan-kiri, dan sebagainya.

Distribusi Poisson merupakan sebuah distribusi probabilitas dari variabel diskrit acak yang mempunyai nilai probabilitas 0, 1, 2, 3, 4, dan seterusnya.

Mengumpulkan dokumen atau sering disbut metode dokumentasi merupakan sebuah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan mengumpulkan berbagai dokumen yang berkaitan dengan masalah penelitian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel