Risiko Mahasiswa Apabila Biodata Tidak Tercantum Di Forlap Ristekdikti

Mungkin ada yang belum tau para Mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi atau Universitas. Apalagi golongan Mahasiswa baru.

Perlu saya ingatkan kembali bahwa kalian harus tau rekan Mahasiswa. Apakah data kalian sudah masuk di Situs Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.
Kasubbid Informasi dan Publikasi Pangkalan Data Dikti, Pusdatin Iptek Dikti, Kemenristekdikti, Franova Herdiyanto, menjelaskan bahwa mahasiswa akan mendapat banyak kerugian jika datanya tidak tercantum dalam laman forlap.ristekdikti.go.id. Di antara kerugian yang disebut Franova adalah sulit mendapatkan rujukan untuk beasiswa dan penelitian. "Ketika data mahasiswa tidak terdaftar memang akibatnya bisa jadi banyak. Data mahasiswa di PD Dikti digunakan sebagai rujukan pemberian beasiswa, penelitian, perlombaan tingkat mahasiswa dan hal lainnya," ujar Franova kepada Kompas.com, Selasa (11/7/2017).

Selain itu, kata dia, data mahasiswa di PD Dikti sangat penting ketika seorang mahasiswa akan pindah ke perguruan tinggi (PT) lain. "Perguruan tinggi yang dituju akan memeriksa data diri caon mahasiswa di PT sebelumnya. Hal ini dilakukan agar PT tidak menerima mahasiswa yang ilegal," kata Franova. Franova mengatakan, selain hal-hal tersebut, BKN (Badan Kepegawaian Negara) dan BKD (Badan Kepegawaian Daerah) pun sudah mengetahui fungsi strategis PD Dikti untuk melacak legalitas pendidikan tinggi calon pegawai negeri sipil (PNS) maupun PNS aktif . "PNS harus mengikuti kegiatan proses perkuliahan yang legal dan terdaftar," jelasnya.

Seperti diketahui, PD Dikti merupakan pangkalan data yang menghimpun data mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang mencakup profil mahasiswa, informasi program studi, perguruan tinggi, hingga profil dosen. Seluruh data yang yang tersedia merupakan data-data yang dikirimkan seluruh perguruan tinggi pada tiap semester. Informasi yang berasal dari PD DIKTI tersebut termuat dalam laman forlap dikti atau biasa disebut laman Forlap Dikti yang dikelola Pusat Data dan Informasi Iptek Dikti.

Tunggu apalagi, ayo segera di cek data anda di Situs Forlap Ristekdikti.
Gak Tahu caranya ?
Buat kalian yang tidak tahu cara melakukan pengecekkan data silahkan simak tutor di bawah ini ...!
  1. Langkah pertama silahkan mengunjungi laman PDDikti http://forlap.dikti.go.id/
  2. Setelah masuk di PDDikti, selanjutnya silahkan masuk pada Menu > Pencarian Data sub menu > Profil Mhs. 
  3. Untuk Mahasiswa STIA Tabalong silahkan Klik Alamat dibawah ini : https://stiatabalong.ac.id/kemahasiswaan/cek-profil-mahasiswa
  4. Kalau sudah silahkan Klik Profil Mahasiswa yang berwarna Biru. >>Profil Mahasiswa<<
  5. Kemudian anda akan diarahkan pada halaman Pencarian data mahasiswa.
  6. Untuk nama perguruan tinggi silahkan masukkan kata kunci nama perguruan tinggi, tulis perlahan saja nanti akan ditampilkan daftar perguruan tinggi tujuan anda. (Pastikan perguruan tinggi terdaftar)
  7. Lihat gambar : 
  8. Kemudian pilih prodi asal anda, kata kunci bisa NIM atau Nama (yang lebih tepat NIM)
  9. Kemudian masukkan kode captcha dengan benar dan Klik > Cari Mahasiswa (jika captcha sudah betul akan tetapi masih dianggap salah oleh sistem, ganti/klik gambar captcha)
  10. Setelah itu anda akan diarahkan ke laman data mahasiswa hasil pencarian (Selamat anda berhasil)
  11. Lihat Gambar : 

Untuk Mahasiswa yang biodatanya tidak tercantum di situs Forlap Ristekdikti, bisa segera menghubungi bagian Prodi Perguruan Tinggi.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat, janganlupa baca artikel yang lainnya.

Sumber referensi :

https://stiatabalong.ac.id/kemahasiswaan/cek-profil-mahasiswa
https://megapolitan.kompas.com/read/2017/07/11/15334011/ini.kerugian.jika.mahasiswa.tidak.terdaftar.dalam.pd.dikti

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel